Clik 2 See Time In Your Regions

Foto Gallery

Kamus Istilah Tambang ( klik Fullscreen to view in new windows)

Kamus-kamus Tambang

27 April 2011

Istilah Pelabuhan Dengan Awalan "C"

Cabotage: Pengunaan armada nasional untuk angkutan dalam negeri

Cargo Dues: Biaya yang dikenakan oleh penguasa Pelabuhan sebagai beban atas kargo yang melewati suatu dermaga, biasanya dihitung berdasarkan atas tonase atau menggunakan ukuransuatu tertentu, misalnya setiap unit kendaraan dsb.

Cargo Handling Eqiupment :Peralatan yang tersedia di Pelabuhan atau di Stasiun pengiriman untuk menangani kargo seperti Cranes, Pallet Trucks, Pallet, Fork Lift Trucks, Strader Carrier dsb.

Cargo Marine Insurance : Asuransi yang ditutup oleh pemilik barang atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh kerusakan atau kehilangan barang selama dalam pelayaran

Cargo Liability Insurance: Asuransi yang ditutup oleh pengangkut atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh adanya tuntutan dari pemilik barang karena terjadi kerusakan atau kehilangan barang

Cargo Manifest: Daftar barang yang dikapalkan

Cargo Plan: Denah yang menggambarkan ruangan di dalam sebuah kapal yang ditempati oleh kargo

Cargo Superintendent: Orang yang bertugas pada saat ada pergerakan yang meliputi bongkar/muat sebuah kapal

Cargo Consignment: Pengiriman suatu unit muatan

Cargo Separated: Pemisahan muatan tertentu dengan muatan yang lain

Container Freight Station (CFS): Gudang tempat penumpukan barang yang akan dimasukkan/dikeluarkan dari dan ke petikemas

Channel Lines : Batas-batas alur pelayaran yang dikeruk atau dijaga kedalamannya

Chartering: Menyewa kapal dalam arti Charter baik untuk suatu perjalanan tertentu atau dalam periode waktu tertentu (charterer)

Charter Party: Perjanjian sewa menyewa kapal yang dituangkan dalamsatu surat perjanjian

Cost, Insurance, Freight (CIF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut dan asuransi sampai di pelabuhan tujuan

Cope Line: Bagian garis sisi depan tambatan dari dermaga

Closed Dock System: Suatu sistem dok di dalam suatu pelabuhan yang menjaga tinggi muka air tetap konstan dan untuk masuk ke dalamnya sebuah kapal mesti melewati gerbang

Class Rate: Tarif yang dikenakan pada barang yang mempunyai sifat dan jenis yang sama dan dikelompokkan dalam satu kelas

Charterer Pays Dues (CPD) : Pen-charter membayar semua biaya pelabuhan yang dikenakan terhadap kapal

Commodity Rate: Tarif yang dikenakan untuk setiap jenis atau komoditas barang mempunyai tarif  tersendiri

Cold Store: Menyimpan barang dan menjadikannya dalam kondisi segar

Colli:  Satuan jumlah muatan

Comamanding Hatch: Palka yang diperkirakan paling lama selesai atau paling banyak muatannya baik bongkar maupun muat

Combined Transport Operation: Suatu prakiraan dari pelayanan transportasi yang meliputi kombinasi berbagai mode transportasi atas sejumlah barang sehingga dapat dilakukan pengantaran dari pintu ke pintu, atau door to door service

Container: Kemasan berbentuk peti yang umumnya terbuat dari besi dengan standard ukuran tertentu yang digunakan untuk memindahkan dari satu moda transport ke moda transport lainnya.

Container Berth: Suatu dermaga atau tambatan di pelabuhan petikemas.Biasanya dermaga ini dikhususkan untuk melayani petikemas

Commodity Box Rate: Tarif yang diberlakukan untuk FCL petikemas yang dihitung berdasarkan komoditi/class rate per box

Container Stowages Area: Tempat dimana kita menyimpan/menaruh petikemas. Biasanya untuk petikemas kosong

Conveyors Systems/Belt: Suatu perlengkapan yang memungkinkan barang-barang kemasan dan barang curah, dapat dimuat atau diturunkan melalui ban berjalan yang dilakukan secara mekanis

Combination Carrier: Jenis kapal yang dapat mengangkut general Cargo dan muatan curah

Consignee: Pemilik barang

Conventional Liner Vessel: Kapal barang biasa, jenis kapal yang biasanya membawa muatan umum (general Cargo) atau barang dalam partai yang tidak begitu besar

Cost & Freight (CF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut sampai di pelabuhan tujuan

Custom Port: Pelabuhan yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai

Company Security Officer (CSO): Orang yang di dalam perusahaan bertanggung jawab untukmengembangkan dan menerapkan rencana keamanan kapal dari perusahaan perkapalan

Continuous Synopsis Record (CSR): Laporan identitas dari kapal dengan memuat data penting, seperti negara asal, tanggal mulai dioperasikan, registrasi,nama perusahaan yang mengoperasikan dan segala keterangan sebagai bukti dari keaslian kapal, termasuk sertifikat-sertifikat yang ada serta badan yang memberikan sertifikat ISPS Code

Cabotage: Pengunaan armada nasional untuk angkutan dalam negeri

Cargo Dues: Biaya yang dikenakan oleh penguasa Pelabuhan sebagai beban atas kargo yang melewati suatu dermaga, biasanya dihitung berdasarkan atas tonase atau menggunakan ukuransuatu tertentu, misalnya setiap unit kendaraan dsb.

Cargo Handling Eqiupment :Peralatan yang tersedia di Pelabuhan atau di Stasiun pengiriman untuk menangani kargo seperti Cranes, Pallet Trucks, Pallet, Fork Lift Trucks, Strader Carrier dsb.

Cargo Marine Insurance : Asuransi yang ditutup oleh pemilik barang atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh kerusakan atau kehilangan barang selama dalam pelayaran

Cargo Liability Insurance: Asuransi yang ditutup oleh pengangkut atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh adanya tuntutan dari pemilik barang karena terjadi kerusakan atau kehilangan barang

Cargo Manifest: Daftar barang yang dikapalkan

Cargo Plan: Denah yang menggambarkan ruangan di dalam sebuah kapal yang ditempati oleh kargo

Cargo Superintendent: Orang yang bertugas pada saat ada pergerakan yang meliputi bongkar/muat sebuah kapal

Cargo Consignment: Pengiriman suatu unit muatan

Cargo Separated: Pemisahan muatan tertentu dengan muatan yang lain

Container Freight Station (CFS): Gudang tempat penumpukan barang yang akan dimasukkan/dikeluarkan dari dan ke petikemas

Channel Lines : Batas-batas alur pelayaran yang dikeruk atau dijaga kedalamannya

Chartering: Menyewa kapal dalam arti Charter baik untuk suatu perjalanan tertentu atau dalam periode waktu tertentu (charterer)

Charter Party: Perjanjian sewa menyewa kapal yang dituangkan dalamsatu surat perjanjian

Cost, Insurance, Freight (CIF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut dan asuransi sampai di pelabuhan tujuan

Cope Line: Bagian garis sisi depan tambatan dari dermaga

Closed Dock System: Suatu sistem dok di dalam suatu pelabuhan yang menjaga tinggi muka air tetap konstan dan untuk masuk ke dalamnya sebuah kapal mesti melewati gerbang

Class Rate: Tarif yang dikenakan pada barang yang mempunyai sifat dan jenis yang sama dan dikelompokkan dalam satu kelas

Charterer Pays Dues (CPD) : Pen-charter membayar semua biaya pelabuhan yang dikenakan terhadap kapal

Commodity Rate: Tarif yang dikenakan untuk setiap jenis atau komoditas barang mempunyai tarif  tersendiri

Cold Store: Menyimpan barang dan menjadikannya dalam kondisi segar

Colli:  Satuan jumlah muatan

Comamanding Hatch: Palka yang diperkirakan paling lama selesai atau paling banyak muatannya baik bongkar maupun muat

Combined Transport Operation: Suatu prakiraan dari pelayanan transportasi yang meliputi kombinasi berbagai mode transportasi atas sejumlah barang sehingga dapat dilakukan pengantaran dari pintu ke pintu, atau door to door service

Container: Kemasan berbentuk peti yang umumnya terbuat dari besi dengan standard ukuran tertentu yang digunakan untuk memindahkan dari satu moda transport ke moda transport lainnya.

Container Berth: Suatu dermaga atau tambatan di pelabuhan petikemas.Biasanya dermaga ini dikhususkan untuk melayani petikemas

Commodity Box Rate: Tarif yang diberlakukan untuk FCL petikemas yang dihitung berdasarkan komoditi/class rate per box

Container Stowages Area: Tempat dimana kita menyimpan/menaruh petikemas. Biasanya untuk petikemas kosong

Conveyors Systems/Belt: Suatu perlengkapan yang memungkinkan barang-barang kemasan dan barang curah, dapat dimuat atau diturunkan melalui ban berjalan yang dilakukan secara mekanis

Combination Carrier: Jenis kapal yang dapat mengangkut general Cargo dan muatan curah

Consignee: Pemilik barang

Conventional Liner Vessel: Kapal barang biasa, jenis kapal yang biasanya membawa muatan umum (general Cargo) atau barang dalam partai yang tidak begitu besar

Cost & Freight (CF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut sampai di pelabuhan tujuan

Custom Port: Pelabuhan yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai

Company Security Officer (CSO): Orang yang di dalam perusahaan bertanggung jawab untukmengembangkan dan menerapkan rencana keamanan kapal dari perusahaan perkapalan

Continuous Synopsis Record (CSR): Laporan identitas dari kapal dengan memuat data penting, seperti negara asal, tanggal mulai dioperasikan, registrasi,nama perusahaan yang mengoperasikan dan segala keterangan sebagai bukti dari keaslian kapal, termasuk sertifikat-sertifikat yang ada serta badan yang memberikan sertifikat ISPS Code

Spesial Thanks To :http://muislife.com

Bergabung Dengan Royalmaharindo Forum

get your own embeddable forum with Talki

Pasang Iklan Disini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More