Clik 2 See Time In Your Regions

Foto Gallery

Kamus Istilah Tambang ( klik Fullscreen to view in new windows)

Kamus-kamus Tambang

22 April 2011

DWT ( Deadweight Tonnage )

Arnoldus E. Taemnanu 

Dwt (Deadweight tonnage) atau kadang cukup menyebut nya Deadweight. Dosen di kampus nyebut nya bobot mati, dan di atas kapal kita lebih mengenal nya dgn DWT.
Sebenar nya apa sih DWT ini?.

Pemahaman ku DWT itu adalah "UKURAN" mengapa saya sebut ukuran? Karena setiap ngobrol dan cerita pengalaman bahkan saat melamar kerja, CV anda cantumkan DWT kpl dlm pengalaman kapal anda.. Betul?

Maka ini adalah ukuran. Untuk mengidintifikasikan seberapa berpengalamana si pelamar ini dgn jenis kapal dan ukuran nya masing2.

Nah jawan nya DWT adalah ukuran seberapa berat sebuah kapal untuk mampu di muati (max load) sampai pada sarat summer draft pada Plimsoll mark pada garis air dgn berat jenis 1.025.(air dimana kpl itu mengapung) jadi semua yg dapat dimuati: berat awak kpl, perbekalan, air tawar, bbm, air balas juga kalo ada.Cargo semua yg numpang di atas kapal itu total berat semua nya di sebutlah DWT. Tetapai tidak termasuk berat kapal nya. Paham ya.

Maka dlm buku SOLAS di sebutkan perbedaan berat antara displacement dgn lightweight pada sarat max. pada air laut dgn density 1.025 itulah disebut DWT. (wah dispalcement trus lightweight apa lagi tuh :)

Grt : (Gross register tonnage) kadang di tulis seperti ini GRT g.r.t grt. kita kenal dgn register tonase bruto.

Istilah GRT ini sebenar nya sudah tidak di pakai lagi ini istilah masi jaman kakek buyut kita berlayar.

Sekarng sudah di gantikan dengan Konvensi IMO (Konvensi Internasional tentang Pengukuran Tonase Kapal, 1969 yang berlaku untuk semua kapal yang dibangun setelah bulan Juli 1982.

Memakai pengukuran dgn GT(Gross Tonnage) dan NT(Net Tonnage) saja sejak 1994 sudah berlaku Coba lihat di setiap ships particulars kapal sekarang cukup menulis Gross Tonnage. Tdk lagi GRT. Dan atau NRT tapi dlm industri masi menggunakan GRT ini. Tapi saya srankan anda lupakan lah GRT. Cukup sebut GT(Gross Tonnage) dan NT(Net Tonnage)

Nah jadi pengertian nya Gross Tonnage artinya: total semua volume ruangan tertup di atas kapal tidak terkecuali mau cerobong haluan cabin2, accommodation dll.

Sedangkan Net Tonnage itu hanya ruangan muatan, atau tanki2 muatan doang. Tidak di hitung ruangan cerobong haluang, kamar2 dan lain2. Ok bisa di mengerti ya.

Nah.. anda harus bedakan juga Gross Tonnage bukanlah ukuran berat (ton). tapi semacam ukuran meter cubik M3.

jadi jgn bingung dan di sangkut paut dgn istilah Deadweight tonnage, gross tonnage, net tonnage atau displacement.

saya ingat di milist group pelaut pernah ribut gara2 ada browker yg posting lowongan kapal dgn memberi informasi GRT sebuah kapal penumpang lebih besar dari DWT. gk taulagi hasil akhir nya benar apa salah diralat si broker ini. tapi yg jelas kapal penumpang GRT akan besar tidk seperti kpl cargo tanker dll.

net weight, mungkin maksud anda adalah lightweght artinya berat kapal dalan ton tanpak ada berat muatan, berat awak kpl, perbekalan, air tawar, bbm, air tawar, balast.

Jadi berat kapal dimna benar2 kosong tampa manusia dgn segala macam perabot nya itulah di sebut lightweght.

0 komentar:

Post a Comment

Bergabung Dengan Royalmaharindo Forum

get your own embeddable forum with Talki

Pasang Iklan Disini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More