Kapal tunda adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver / pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya
Kapal tunda memiliki tenaga yang besar bila dibandingkan dengan ukurannya. Kapal tunda zaman dulu menggunakan mesin uap, saat ini menggunakan mesin diesel. Mesin Induk kapal tunda biasanya berkekuatan antara 750 sampai 5000 tenaga kuda (500 s.d. 3500 kW), tetapi kapal yang lebih besar (digunakan di laut lepas) dapat berkekuatan sampai 25 000 tenaga kuda (20 000 kW). Kebanyakan mesin yang digunakan sama dengan mesin kereta api, tetapi di kapal menggerakkan
baling-baling. Dan untuk keselamatan biasanya digunakan minimum dua buah mesin induk.
Kapal tunda memiliki kemampuan manuver yang tinggi, tergantung dari unit penggerak. Kapal Tunda dengan penggerak konvensional memiliki baling-baling di belakang, efisien untuk menarik kapal dari pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Jenis penggerak lainnya sering disebut Schottel propulsion system (azimuth thruster/Z-peller) di mana baling-baling di bawah kapal dapat bergerak 360° atau sistem propulsi Voith-Schneider yang menggunakan semacam pisau di bawah kapal yang dapat membuat kapal berputar 360°.
Jenis kapal tunda
Kapal tunda konvensional / Towing or Pusher Tug
Kapal tunda serbaguna / Utility Tug
Kapal tunda pelabuhan / Harbour Tug
diantara ke tiga system yg termodern dan tercanggi ada di harbour tug, dan kapal supply modern atau yg mengunakan system Dinamic position system mesinnyapun hampir sama hanya mereka di lengkapi lebih bow truster. dalam DP system saat berkerja bisa menjalankan 5 mesin pengerak baling baling. kembali ke tug boat propulsion. yg kita bahas di topik ini.
baling-baling. Dan untuk keselamatan biasanya digunakan minimum dua buah mesin induk.
Kapal tunda memiliki kemampuan manuver yang tinggi, tergantung dari unit penggerak. Kapal Tunda dengan penggerak konvensional memiliki baling-baling di belakang, efisien untuk menarik kapal dari pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Jenis penggerak lainnya sering disebut Schottel propulsion system (azimuth thruster/Z-peller) di mana baling-baling di bawah kapal dapat bergerak 360° atau sistem propulsi Voith-Schneider yang menggunakan semacam pisau di bawah kapal yang dapat membuat kapal berputar 360°.
Jenis kapal tunda
Kapal tunda konvensional / Towing or Pusher Tug
Kapal tunda serbaguna / Utility Tug
Kapal tunda pelabuhan / Harbour Tug
diantara ke tiga system yg termodern dan tercanggi ada di harbour tug, dan kapal supply modern atau yg mengunakan system Dinamic position system mesinnyapun hampir sama hanya mereka di lengkapi lebih bow truster. dalam DP system saat berkerja bisa menjalankan 5 mesin pengerak baling baling. kembali ke tug boat propulsion. yg kita bahas di topik ini.
0 komentar:
Post a Comment