Cabotage: Pengunaan armada nasional untuk angkutan dalam negeri
Cargo Dues: Biaya yang dikenakan oleh penguasa Pelabuhan sebagai beban atas kargo yang melewati suatu dermaga, biasanya dihitung berdasarkan atas tonase atau menggunakan ukuransuatu tertentu, misalnya setiap unit kendaraan dsb.
Cargo Handling Eqiupment :Peralatan yang tersedia di Pelabuhan atau di Stasiun pengiriman untuk menangani kargo seperti Cranes, Pallet Trucks, Pallet, Fork Lift Trucks, Strader Carrier dsb.
Cargo Marine Insurance : Asuransi yang ditutup oleh pemilik barang atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh kerusakan atau kehilangan barang selama dalam pelayaran
Cargo Liability Insurance: Asuransi yang ditutup oleh pengangkut atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh adanya tuntutan dari pemilik barang karena terjadi kerusakan atau kehilangan barang
Cargo Manifest: Daftar barang yang dikapalkan
Cargo Plan: Denah yang menggambarkan ruangan di dalam sebuah kapal yang ditempati oleh kargo
Cargo Superintendent: Orang yang bertugas pada saat ada pergerakan yang meliputi bongkar/muat sebuah kapal
Cargo Consignment: Pengiriman suatu unit muatan
Cargo Separated: Pemisahan muatan tertentu dengan muatan yang lain
Container Freight Station (CFS): Gudang tempat penumpukan barang yang akan dimasukkan/dikeluarkan dari dan ke petikemas
Channel Lines : Batas-batas alur pelayaran yang dikeruk atau dijaga kedalamannya
Chartering: Menyewa kapal dalam arti Charter baik untuk suatu perjalanan tertentu atau dalam periode waktu tertentu (charterer)
Charter Party: Perjanjian sewa menyewa kapal yang dituangkan dalamsatu surat perjanjian
Cost, Insurance, Freight (CIF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut dan asuransi sampai di pelabuhan tujuan
Cope Line: Bagian garis sisi depan tambatan dari dermaga
Closed Dock System: Suatu sistem dok di dalam suatu pelabuhan yang menjaga tinggi muka air tetap konstan dan untuk masuk ke dalamnya sebuah kapal mesti melewati gerbang
Class Rate: Tarif yang dikenakan pada barang yang mempunyai sifat dan jenis yang sama dan dikelompokkan dalam satu kelas
Charterer Pays Dues (CPD) : Pen-charter membayar semua biaya pelabuhan yang dikenakan terhadap kapal
Commodity Rate: Tarif yang dikenakan untuk setiap jenis atau komoditas barang mempunyai tarif tersendiri
Cold Store: Menyimpan barang dan menjadikannya dalam kondisi segar
Colli: Satuan jumlah muatan
Comamanding Hatch: Palka yang diperkirakan paling lama selesai atau paling banyak muatannya baik bongkar maupun muat
Combined Transport Operation: Suatu prakiraan dari pelayanan transportasi yang meliputi kombinasi berbagai mode transportasi atas sejumlah barang sehingga dapat dilakukan pengantaran dari pintu ke pintu, atau door to door service
Container: Kemasan berbentuk peti yang umumnya terbuat dari besi dengan standard ukuran tertentu yang digunakan untuk memindahkan dari satu moda transport ke moda transport lainnya.
Container Berth: Suatu dermaga atau tambatan di pelabuhan petikemas.Biasanya dermaga ini dikhususkan untuk melayani petikemas
Commodity Box Rate: Tarif yang diberlakukan untuk FCL petikemas yang dihitung berdasarkan komoditi/class rate per box
Container Stowages Area: Tempat dimana kita menyimpan/menaruh petikemas. Biasanya untuk petikemas kosong
Conveyors Systems/Belt: Suatu perlengkapan yang memungkinkan barang-barang kemasan dan barang curah, dapat dimuat atau diturunkan melalui ban berjalan yang dilakukan secara mekanis
Combination Carrier: Jenis kapal yang dapat mengangkut general Cargo dan muatan curah
Consignee: Pemilik barang
Conventional Liner Vessel: Kapal barang biasa, jenis kapal yang biasanya membawa muatan umum (general Cargo) atau barang dalam partai yang tidak begitu besar
Cost & Freight (CF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut sampai di pelabuhan tujuan
Custom Port: Pelabuhan yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai
Company Security Officer (CSO): Orang yang di dalam perusahaan bertanggung jawab untukmengembangkan dan menerapkan rencana keamanan kapal dari perusahaan perkapalan
Continuous Synopsis Record (CSR): Laporan identitas dari kapal dengan memuat data penting, seperti negara asal, tanggal mulai dioperasikan, registrasi,nama perusahaan yang mengoperasikan dan segala keterangan sebagai bukti dari keaslian kapal, termasuk sertifikat-sertifikat yang ada serta badan yang memberikan sertifikat ISPS Code
Cabotage: Pengunaan armada nasional untuk angkutan dalam negeri
Cargo Dues: Biaya yang dikenakan oleh penguasa Pelabuhan sebagai beban atas kargo yang melewati suatu dermaga, biasanya dihitung berdasarkan atas tonase atau menggunakan ukuransuatu tertentu, misalnya setiap unit kendaraan dsb.
Cargo Handling Eqiupment :Peralatan yang tersedia di Pelabuhan atau di Stasiun pengiriman untuk menangani kargo seperti Cranes, Pallet Trucks, Pallet, Fork Lift Trucks, Strader Carrier dsb.
Cargo Marine Insurance : Asuransi yang ditutup oleh pemilik barang atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh kerusakan atau kehilangan barang selama dalam pelayaran
Cargo Liability Insurance: Asuransi yang ditutup oleh pengangkut atas kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh adanya tuntutan dari pemilik barang karena terjadi kerusakan atau kehilangan barang
Cargo Manifest: Daftar barang yang dikapalkan
Cargo Plan: Denah yang menggambarkan ruangan di dalam sebuah kapal yang ditempati oleh kargo
Cargo Superintendent: Orang yang bertugas pada saat ada pergerakan yang meliputi bongkar/muat sebuah kapal
Cargo Consignment: Pengiriman suatu unit muatan
Cargo Separated: Pemisahan muatan tertentu dengan muatan yang lain
Container Freight Station (CFS): Gudang tempat penumpukan barang yang akan dimasukkan/dikeluarkan dari dan ke petikemas
Channel Lines : Batas-batas alur pelayaran yang dikeruk atau dijaga kedalamannya
Chartering: Menyewa kapal dalam arti Charter baik untuk suatu perjalanan tertentu atau dalam periode waktu tertentu (charterer)
Charter Party: Perjanjian sewa menyewa kapal yang dituangkan dalamsatu surat perjanjian
Cost, Insurance, Freight (CIF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut dan asuransi sampai di pelabuhan tujuan
Cope Line: Bagian garis sisi depan tambatan dari dermaga
Closed Dock System: Suatu sistem dok di dalam suatu pelabuhan yang menjaga tinggi muka air tetap konstan dan untuk masuk ke dalamnya sebuah kapal mesti melewati gerbang
Class Rate: Tarif yang dikenakan pada barang yang mempunyai sifat dan jenis yang sama dan dikelompokkan dalam satu kelas
Charterer Pays Dues (CPD) : Pen-charter membayar semua biaya pelabuhan yang dikenakan terhadap kapal
Commodity Rate: Tarif yang dikenakan untuk setiap jenis atau komoditas barang mempunyai tarif tersendiri
Cold Store: Menyimpan barang dan menjadikannya dalam kondisi segar
Colli: Satuan jumlah muatan
Comamanding Hatch: Palka yang diperkirakan paling lama selesai atau paling banyak muatannya baik bongkar maupun muat
Combined Transport Operation: Suatu prakiraan dari pelayanan transportasi yang meliputi kombinasi berbagai mode transportasi atas sejumlah barang sehingga dapat dilakukan pengantaran dari pintu ke pintu, atau door to door service
Container: Kemasan berbentuk peti yang umumnya terbuat dari besi dengan standard ukuran tertentu yang digunakan untuk memindahkan dari satu moda transport ke moda transport lainnya.
Container Berth: Suatu dermaga atau tambatan di pelabuhan petikemas.Biasanya dermaga ini dikhususkan untuk melayani petikemas
Commodity Box Rate: Tarif yang diberlakukan untuk FCL petikemas yang dihitung berdasarkan komoditi/class rate per box
Container Stowages Area: Tempat dimana kita menyimpan/menaruh petikemas. Biasanya untuk petikemas kosong
Conveyors Systems/Belt: Suatu perlengkapan yang memungkinkan barang-barang kemasan dan barang curah, dapat dimuat atau diturunkan melalui ban berjalan yang dilakukan secara mekanis
Combination Carrier: Jenis kapal yang dapat mengangkut general Cargo dan muatan curah
Consignee: Pemilik barang
Conventional Liner Vessel: Kapal barang biasa, jenis kapal yang biasanya membawa muatan umum (general Cargo) atau barang dalam partai yang tidak begitu besar
Cost & Freight (CF): Kondisi dimana penjual bertanggung jawab mengatur dan membayar biaya angkutan laut sampai di pelabuhan tujuan
Custom Port: Pelabuhan yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai
Company Security Officer (CSO): Orang yang di dalam perusahaan bertanggung jawab untukmengembangkan dan menerapkan rencana keamanan kapal dari perusahaan perkapalan
Continuous Synopsis Record (CSR): Laporan identitas dari kapal dengan memuat data penting, seperti negara asal, tanggal mulai dioperasikan, registrasi,nama perusahaan yang mengoperasikan dan segala keterangan sebagai bukti dari keaslian kapal, termasuk sertifikat-sertifikat yang ada serta badan yang memberikan sertifikat ISPS Code